Sutra Bombay

Si Pink Yang Cantik

Minggu ini Si Pink terlihat lebih cantik. Walau selalu berbunga tapi minggu ini bunga yang muncul bersamaan ada 14 kelopak.

Dia ini adalah salah satu koleksi yang berasal dari generasi sebelumnya dan sudah berumur 3 tahun. Selamat dari serangan serangga, ulat dan kucing. Benar kucing. Kucing-kucing ini sering masuk ke halaman lompat lewat pagar. Menabrak pot-pot sampai jatuh. Jika tidak jatuh pasti akan terinjak-injak.

Kenapa ditaruh di pagar? Alasannya karena keterbatasan tempat. Kebetulan di pagar ini bisa mendapat sinar matahari berlimpah. Suatu hal yang sangat diperlukan agar tanaman sutra bombay rajin berbunga. Beberapa pot sutra bombay dipasang sepanjang pagar dengan diikat tali agar tidak mudah jatuh. Tapi entah bagaimana kucing-kucing ini bisa saja membuat pot-pot berjatuhan dan mengakibatkan batangnya patah.

Atas: Si Pink dengan rekan barunya Si Putih dan Fuchsia
Bawah: Si Pink dengan rekan satu generasinya Putih dan Fuchsia (beberapa tahun yang lalu)
Nama Lain dan Klasifikasi

Sutra Bombay memiliki nama Latin Portulaca grandiflora, dikenal dengan nama lain seperti bunga krokot, bunga pukul sembilan, moss rose, eleven o'clock, mexican rose, dan nama-nama lainnya.

Klasifikasi
KingdomPlantae
CladaeTracheophytes
CladaeAngiosperms
CladaeEudicots
OrderCaryophyllales
FamilyPortulacaceae
GenusPortulaca
SpeciesPortulaca grandiflora

Galeri

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment